Kamis, 28 Juli 2011

Wolfram Alpha




Wolfram Alpha, sebuah search engine baru yang tepatnya bisa disebut knowledge engine, kenapa bisa di bilang begitu..?

Search engine ini tidak sama dengan google, yahoo, msn dll yang hasil mereka adalah list website yang berhubungan dengan kata-kata yang kita ketik di dalam form search mereka (*yang biasa kita sebut keyword). Nah klo si wolframalpha ini, hasil dari pencariannya adalah sebuah jawaban dari apa yang kita ketik di dalam form searchnya dia ^_^.

Memang jawaban dia tidak semua benar seperti yang kita harapkan, tapi itu semua kita maklumkan mengingat umur dia bru diluncurkan kurang lebih 2 tahun yang lalu. Tapi jangan meremehkan dia, kalo ilmu pasti dia jagonya, dia jago matematika, jago fisika, kimia, rumus-rumus dia telan semua, ilmu kedokteran, duh yang begonoan dah dia telen deh.

Kelemahan dia mungkin masih di sekitar, sejarah, bahasa atau sebutan-sebutan yang berbeda-beda dan berjuta-juta bahasa yang di pakai orang yang ada di bumi ini ^_^. Kenapa bisa saya sebut begitu karena result dia cuman 1 tidak ada variant result yang laen (*semoga pembaca bisa mengerti maksud saya setelah mencoba sendiri xixixixixi..

Tujuan WolframAlpha adalah membuat ilmu pengetahuan dengan cepat bisa diakses dan dicari semua orang. Mesin pencari ini, selain punya mesin cerdas, juga mengoleksi berbagai input data , model, metode dan algoritma dari yang mudah hingga sulit.

Janjinya sih, WolframAlpha akan menjadi mesin canggih yang bisa diakses semua orang dari semua kalangan. Jadi, anak SD pun bisa dengan sekali klik mencari jawaban sebuah pertanyaan matematika tingkat perguruan tinggi jika dia sudah tahu cara mencarinya.

Dengan hanya mengetikkan nama kota, misalnya Jakarta, kita langsung disuguhi data populasi Jakarta, peta lokasi Jakarta, waktu lokal Jakarta, cuaca bahkan ketinggian kota Jakarta. Ini cuma model pencarian mudah. WolframAlpha bisa menjawab berbagai pertanyaan sulit yang sifatnya hitung-hitungan.

Coba anda masukkan persamaan matematika :

2x^2 + 19x - 58 = 0 (apa jawaban dari Wolframalpha ?)

- Source : www.indowebster.web.id

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons